Header Ads

Masuknya Islam di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas beragama islam terbanyak di dunia. Padahal jika kita ingin melihat sejarah lahirnya agama islam yang dibawah oleh para Nabi, Indonesia tidak begitu terkenal. Namun, berkat kegigihan para tokoh muslim yang terus menyebarkan agama islam, akhirnya perkembangan islam di Indonesia bisa pesat seperti sekarang ini. lantas, bagaimanakah proses perkembangan islam di Indonesia? Berikut penjelasannya:
Sebelum islam masuk ke Indonesia, sebelumnya berbagai macam agama seperti animisme, dinamisme, Hindu, dan Budha telah dianut oleh bangsa Indonesia. Bahkan pada abad 7 -12 M dibeberapa  kepulauan Indonesia telah berdiri kerajaan-kerajaan Hindu dan Budha. Agama islam masuk ke Indonesia pertama kali pada abad pertama Hijriah (antara abad 8 dan 9 masehi). Daerah pertama yang dimasuki Islam adalah pantai Sumatera bagian utara.

Islam masuk ke Indonesia melalui dua jalur, yaitu:
Jalur utara dengan rute: Arab (Mekah dan Madina) – Damaskus – Bagdad – Gujarat (Pantai barat India) – Srilanka – Indonesia.
Jalur selatan dengan rute: Arab (Mekah da Madinah) – Yaman – Gujarat – Srilanka – Indonesia
Dalam waktu yang tidak begitu lama Islam masuk ke Indonesia, Islam telah tersebar ke seluruh penjuru kepulauan Indonesia. Penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia sangat pesat. Hal ini disebabkan antara lain:

Adanya dorongan kewajiban bagi setiap muslim untuk berdakwah menyiarkan Islam sesuai kemampuan mereka masing-masing. Nabi Muhammad saw bersabda: “Sampaikanlah olehmu apa-apa yang berasal dariku, walau hanya satu ayat” (Al Hadis)

islam di indonesiaAdanya tekad dan keuletan yang dimiliki oleh para juru dakwah untuk berdakwah secara terus-menerus kepada keluarganya, tetangganya dan masyarakat sekitarnya. Mereka berdakawa sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasul-Nya, yakni: tidak dengan jalan paksaan, kekerasan, melainkan dengan cara bijaksana, dengan pangajaran yang baik, dengan bertukar pikiran disertai dengan argumen-argumen yang tepat, dan dengan contoh teladan yang betul-betul Islami.

Persyaratan masuk Islam sangat mudah. Seseorang telah dianggap masuk Islam ketika telah mengucapkan dua kalimat syahadat. Demikian juga ajaran Islam lebih mudah dipahami, lebih sederhana dan lebih masuk akan dibanding agama lainnya.

Ajaran Islam yang tidak memandang kasta dan tidak kata diskriminasi mudah menarik simpati rakyat, terutama dari lapisan bawah.
Banyak raja-raja Islam yang ada di berbagai penjuru tanah air sehingga para rakyatnya juga mengikuti apa yang dilakukan oleh rajanya. 

terima kasih sudah membaca masuknya islam di indonesia

1 komentar:

  1. Agama resmi Kerajaan Medang pada masa pemerintahan Sanjaya adalah Hindu aliran Siwa. Ketika Sailendrawangsa berkuasa, agama resmi kerajaan berganti menjadi Buddha aliran Mahayana. Kemudian pada saat Rakai Pikatan dari Sanjayawangsa berkuasa, agama Hindu dan Buddha tetap hidup berdampingan dengan penuh toleransi.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.