sedekah
Menurut kamus besar bahasa Indonesia Sedekah memiliki pengertian pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan pemberi.

Sungguh tak terpikirkan lagi keutamaan, manfaat, keajaiban, atau energi yang dihasilkan oleh amalan sedekah. Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam sedekah :

1. Niat sedekah. Niat berbeda dengan hikmah dan tujuan. Setiap ibadah, amalan atau berbagai bentuk kebaikan yang tidak diniatkan demi dan untuk karena ALLAH, maka pekerjaan tidak akab diterima sebagai ibadah. Jadi, jangan meniatkan sedekah yang Anda keluarkan itu untuk yang lain selain keridhaan ALLAH.

2. Menyangkut cara – cara bersedekah. Hindarilah hal – hal sbb :

a. Pamer. Tak ada pahala dan keutamaan yang akan kita terima manakala kita pamer dalam mengeluarkan sedekah.

b. Gerutu. Menggerutu adalah tanda ketidakikhlasan. Dengan kata lain kita merasa berat dengan apa yang kita sedekahkan.

c. Yang lebih, bukan yang baik.

d. Terpaksa. Keterpaksaan adalah lawan dari keikhlasan. Tidak ada pahala yang akan diterima oleh orang yang merasa terpaksa

e. Asal memberi. Asal memberi berarti asal – asalan dalam memberi. Ini berarti kita tak memperhatikan apakah cara memberi, tujuan memberi, sesuatu yang akan diberikan, itu baik atau tidak, halal atau tidak.
 
3. Tujuan bersedekah. Dalam tujuan bersedekah harus dihindari hal – hal sbb:

A. Keajaiban

Bersedekah itu tidak seperti di film atau sinetron dimana adegan ketika orang bersedekah kemudian mendapatkan keajaiban dari hasil sedekahnya. Sedekah cukuplah mengharapkan Ridha dari Allah SWT.

B. Popularitas

Bersedekah bukan untuk tujuan mencari popularitas hal ini kerap kali menimpa para caleg atau kandidat calon pemimpin yang nanti kehilatan batang hidungnya bersedekah kepada orang-orang mendekati pemilihan.

C. Kekuasaan

Sedekah bukan untuk tujuan mencari kekuasaan terhadap orang lain dengan mengharapkan orang tersebut akan tunduk dan patuh kepada pemberi sedekah. Hal ini sama saja membantu orang dengan berharap pamri. Sedekah seperti ini tentunya tidak bernilai pahala di sisi Allah SWT.

D. Mengikat

Mengikat yang dimaksud adalah dengan berharap dengan sedekah yang diberikan maka orang-orang akan terikat dengan kita. Dalam artian bahwa orang lain tidak bisa berbuat apa-apa tanpa sedekah dari Anda atau pun sedekah yang diberikan atas dasar perjanjian tertentu yang harus dipenuhi oleh sipenerima. Sungguh hal yang seperti ini bukanlah termasuk sedekah.

E. Mengharap balasan.

Mengharap balasan menunjukan bahwa tidak ada keikhlasan dalam bersedekah. Balasan yang dimaksud tidak berupa materi saja, melainkan berkaitan dengan dampak atau imbas setelah kita bersedekah, apakah kita mengharapkan untuk dihargai oleh orang lain, atau mungkin timbul keinginan bersedekah agar orang-orang tahu bahwa Anda adalah orang yang mampu. Hal seperti bukanlah sedekah yang mendatangkan ridho Allah melainkan sebaliknya akan merugikan diri sendiri

1 Comments

Budayakan membaca sebelum berkomentar

Post a Comment

Budayakan membaca sebelum berkomentar

Previous Post Next Post