Searching...

22 Oktober 2012

Mensyukuri kesederhanaan hidup


Hidup merupakan perjalanan yang sangat singkat, tapi entah mengapa manusia selalu merasakan sulitnya menjalani hidup yang dikatakan singkat. Manusia yang cenderung menjalani hidup dengan berat, biasanya ialah manusia yang tidak pernah mensyukuri apa yang Allah berikan padanya. 

Orang yang selalu tidak mensyukuri apa yang Allah berikan, adalah mereka yang selalu melihat orang yang ada di atas mereka. Orang  yang memiliki sepeda selalu iri dan berkeinginan memiliki motor seperti orang lain. Dan orang yang memiliki motor malah ingin memiliki mobil. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mensyukuri kesederhaan yang diberikan oleh Allah swt. Hal ini pulalah yang menyebabkan mereka tidak bahagia menjalani hidup dan selalu merasah resah dan gelisa.

kesederhanaankesederhanaan merupakan wujud atas keimanan, rasa syukur dan nikmat yang diberikan ALLAH SWT . sebab saat Anda hidup secara sederhana berarti Anda mengikuti pola seruan al-Quran dan as-sunnah Rasulullah saw mengatakan bahwa sebaik-baiknya pekerjaan itu adalah pertengahan. Pertengahan adalah kesederhanaan pertengahan berarti tidak di atas tidak pula di bawah, tidak tinggi, tidak pula rendah. Tidak kaya tidak pula miskin.
Salah satu bentuk paradoks yang kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari adalah kenyataan bahwa  menjalani hidup sederhana (mudah) justru yang paling sulit. Padahal kenyataanya, juga menunjukkan bahwa konsep yang sederhanalah yang justru bekerja efektif. Konsep ruwet, acak-acakan justru bernasib mandul dan menelan banyak biaya. Keserhanaan sejati adalah sebagai berikut:

1.  Anda merasa cukup dengan apa yang dapat Anda raih lalu Anda menikmatinya
2.  Sederhana juga tidak kaya dan juga tidak miskin
3.  Sederhana berarti Anda berpikir global bertindak lokal
4.  Sederhana berarti Anda bergerak efektif bertindak  tepat di saat yang tepat
5.  Sederhana berarti Anda memulai dengan tindakan yang bisa Anda lakukan
6.  Sederhana berarti Anda tidak terkecoh dengan upaya untuk membanding-bandingkan.

Secara alamiah orang-orang lebih senang dengan cara hidup yang tidak sombong, angkuh, pelit, serakah, rakus dan tamak. Bila Anda menjalani hidup yang sederhana berarti Anda telah menarik cinta banyak orang dalam hidup Anda. Dengan demikan terbukalah pintu-pintu rezeki dari kecintaan banyak orang kepada Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar