tawakal
Manusia dengan segala aspek kehidupannya, memiliki permasalahan yang cukup kompleks. Manusia sebagai khalifah di muka bumi selalu di terpa oleh berbagaii cobaan untuk memperoleh keridhaan di sisi Allah swt. Tuhan dengan segala kekuasaannya memberikan kebebasan pada manusia untuk memilih jalan mana yang akan mereka tempuh. Manusia diuji apakah mereka mampu melewati ujian dan tanntangan yang diberikan Allah swt. Namun, segala cobaan permasalahan hidup yang dihadapi selalu mempunyai jalan keluarnya. Islam dengan ajaran kebenarannya telah membantu manusia melewati segala permasalahan yang ada. Salah satunya yaitu dengan jalan tawakkal.

Tawakkal merupakan syarat mendapat jalan keluar. Tanpa Tawakkal  jalan keluar (solusi) akan sulit didapat, sementara banyak kejadian yang kita alami berkaitan dengan persoalan hidup yang membutuhkan jawaban, jalan keluar, jalan yang memudahkan kita untuk keluar.

Tawakkal  bukanlah lawan dari usaha dan kerja keras. Namun, Tawakkal  adalah senantiasa mengerjakan sesuatu yag menjadi tuntunan kebenaran lalu menyerahkan hasilnya kepada ALLAH SWT. Tawakkal  juga bukan berarti Anda tidak bekerja, mengistirahatkan seluruh kekuatan, duduk di suatu tempat dan menyerahkan segala persolan hidup kepada ALLAH SWT , lalu berharap, ALLAH akan mengabulkan apa yang Anda inginkan. Tidak demikan pengertiannya menganggur berarti menyia-nyiakan kekuatan yang dipinjamkan ALLAH pada diri kita dalam bentuk kekuatan, fisik, kekuatan pikiran, serta kekuatan hati dan perasaan.


Bila Anda bertawakkal kepada ALLAH SWT maka ALLAH akan mencukupi kebutuhan Anda , itulah janji ALLAH yang pasti terwujud dan terlaksana.

ada beberapa tips dalam ber tawakkal

1.Pasrah dengan sebenar-benarnya pasrah. Anda tidak boleh mengeluh, mencacimaki, marah-marah, kecewa, sedih dan putus asa atas persoalan yang Anda alami

2.Hanya menyeruh kepada ALLAH melalui jeritan hati, pikiran dan perasaan Anda

3.Pasrah berarti Anda tidak berpaling untuk meminta bantuan atau pertolongan selain ALLAH setelah Anda berhadapan dengan jalan buntu

4.Pasrah berarti Anda menerima apapun yang akan Anda hadapi setelah Anda berusaha sekeras mungkin mencari jalan keluar dari persoalan yang Anda hadapi.

Semoga bermanfaat

Post a Comment

Budayakan membaca sebelum berkomentar

Previous Post Next Post