Searching...

08 Januari 2013

Makna Rukun Iman dan Rukun Islam


Rukun Iman

Dalam agama islam dikenal dua pilar penting yang menjadi pedoman hidup bagi seorang muslim, yaitu Rukun Iman dan Rukun Islam. Iman. Menurut bahasa, artinya membenarkan. Sedangkan, iman menurut istilah syariat, maksudnya mengakui dengan lisan (perkataan), membenarkan (tashdiiq) dengan hati dan mengamalkannnya dengan anggota tubuh.

Adapun Rukun iman itu sendiri terdiri atas 6 rukun antara lain:

1. Iman kepada Allah.
2. Iman kepada para malaikat.
3. Iman kepada kitab-kitab Allah.
4. Iman kepada Nabi dan Rasul
5. Iman kepada had akhir (kiamat).
6. Iman kepada Qodar Allah yang baik atau yang buruk.

Untuk memudahkan untuk memahami Makna masing-masing rukun kita hanya berpedoman pada pengertian iman itu sendiri, yaitu:

Mengakuinya dengan lisan
Membenarkannya dengan hati dan kemudian
Mengamalkannya dengan anggota tubuh.

1. Makna iman kepada Allah

Iman kepada Allah bermakna bahwa kita meyakini tentang penjelasan Allah dan Rasulnya mengenai keberadaan Tuhan. Untuk lebih terperinci lagi, makna iman kepada Allah dapat kita jabarkan dalam empat poin.
Pertama, meyakini bahwa penciptaan manusia adalah kehendak Allah dan tidak mahkluk lain yang terdapat di semesta alam tanpa pengetahuan Allah swt, kedua ialah meyakini bahwa Allah lah yang menciptakan bumi dan alam semesta dan Allah pulalah yang memberikan reski kepada manusia dan mahkluk lainnya. Ketiga, yaitu meyakini bahwa Allahlah yang patut disembah dan hanya kepadaNyalah segala ibadah ditujukan, misalnya berzikir, sujud, berdoa, dan meminta. Semuanya hanya kepada Allah semata. Keempat yaitu meyakini sifat-sifat Allah yang tercantum dalam alquran (Asmaul Husna)

2. Makna Beriman kepada Malaikat Allah

Malaikat ialah mahkuluk gaib yang diciptakan Allah dari cahaya, dengan ketaatan selalu menjalankan perintah Allah dan kesanggupannya untuk beribadah kepada Allah. Malaikat diciptakan tidak memiliki sikap ketuhanan dan hanya Allahlah Tuhan semesta alam. Jumlah malaikat sangat banyak dan semuanya tunduk dan menjalankan perintah Alla swt.

Makna beriman kepada malaikat dapat dijabarkan kedalam empat poin: pertama, mengimani wujud mereka.

Kedua, mengimani nama-nama malaikat yang telah kita ketahui namanya, sedangkan yang kita tidak ketahui namanya kita mengimaninya secara Ijmal (garis besar).

Ketiga, mengimani sifat malaikat yang terdapat dalam hadis, misalnya Rasullullah saw, pernah bertemu langsung dengan malaikat jibril yang memiliki 600 sayap (Bukhari) di hadis lain dikatakan setiap sayap malaikat jibril menutupi setiap ufuk (Ahmad).

Dan Keempat, yaitu mengimani tugas malaikat seperti yang telah diberitahukan kepada kita. Malaikat senantiasa beribada kepada Allah; bertasbih siang dan malam dan berthawaf di Baitul Ma'mur dan lain sebagainya.

3. Makna beriman kepada Kitab-kitab Allah

pertama, mengimani bahwa kitab itu datangnya dari Allah swt.
Kedua, mengimani kitab tersebut baik secara rinci (tafshil) maupun secara garis besar (ijmal), tafshil artinya mengimani bahwa kitab yang diturunkan kepada Nabi ini adalah kitab ini, sedangkan secara garis besar kita meyaini bahwa kitab diturunkan kepada  Nabi dan Rasul meskipun tidak diketahui namanya.

Ketiga, yaitu membenarkan perkataan yang tertulis dalam kitab-kitab tersebut yang masih murni (Belum dirubah).

Keempat, mengamalkan hukum yang tertulis dalam kitab tersebut selama kitab tersebut belum "dihapus", yang dimaksud dengan kata dihapus disini ialah, kita hanya mengimani satu kitab saja yaitu Al quran, karena kehadiran Al quran mengakibatkan kitab-kitab sebelumnya menjadi mansukh (dihapus). Al quran ialah kitab yang mewakili setiap ummat sampai akhir masa.

4. Makna beriman kepada Nabi dan Rasul

Beriman kepada Nabi dan Rasul, bermakna bahwa kita meyakini Nabi dan Rasul ialah manusia utusan Allah yang diutus di muka bumi untuk menyampaikan kabar gembira dan ancaman. Meyakini bahwa Nabi dan Rasul adalah mahkluk yang diutus Allah ke Bumi untuk memberi petunjuk ke umat manusia hingga kembali ke jalan lurus. Beriman kepada Nabi dan Rasul artinya ialah memercayai segala ajarannya baik dari lisan maupun sebagai sauri teladan. Dengan mengetahui maka beriman kepada Nabi dan Rasul, Manusia sebagai hamba yang mulia sudah sepantasnya meyakininya dan mengikuti jejak suri teladan Nabi dan Rasul

5. Makna beriman kepada hari akhir

Beriman kepada hari akhir artinya kita meyakini tanda-tanda akan datangnya hari kiamat, seperti lahirnya dajjal turunnya Isa as. Datangnya Ya'juj dan Ma'juj, terbitnya matahari dari  barat. Kemudiaan diangkatnya ilmu dari muka bumi yang ditandai dengan wafatnya para ulama, semakin banyak terjadi perzinaan, amanah tidak lagi dijalankan, urusan diserahkan kepada yang bukan ahlihnya, jumlah perempuan jauh melebihi jumlah lak-laki dan terjadi kekacauan dan pembunuhan dimana-mana.

Selain itu Pula, makna beriman kepada hari akhir yaitu kita mengimani kejadian gaib lainnya seperti dibangkitkannya manusia dari kubur, dikumpulkannya manusia di padang mashar, adanya hari pembalasan, adanya siksa kubur dan nikmat kubur, dan meyakini adanya surga dan neraka. Semua dilakukan semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah.

6. Makna beriman kepada qada dan qadar

Makna beriman kepada qada dan qadar artinya ialah kita mengimani bahwa apapun yang terjadi di muka bumi bahkan kepada diri kita sendiri sebagai manusia baik maupun buruk merupakan kehendak dari Allah swt.

Namun keburukan tersebut tidak dinisbahkan kepada Allah, melainkan kepada manusia sebagai mahkluk ciptaanNya, sedangkan jika keburukan tersebut dikaiitkan dengan Allah, maka keburukan tersebut merupakan suatu bentuk keadilan terhadap sesuatu pihak yang tidak dapat terduga oleh pengetahuan manusia. Allah menciptakan mudharat pastilah ada maslahat. Di setiap keburukan terdapat makna yang mendalam, baik itu diketahui oleh manusia, maupun tidak diketahui oleh manusia.


Rukun Islam


rukun islam
Sejatinya manusia dilahirkan sebagai seorang muslim di dunia ini. Dalam ajaran islam, bayi yang baru lahir telah di islamkan oleh Allah semenjak ia akan dilahirkan di Dunia. Walaupun demikian, banyak agama yang punya ajaran tersendiri, begitu juga dengan Islam.

Dalam agama islam, terdapat lima pilar yang menciri khaskan seorang muslim. Pilar ini disebut sebagai Rukun islam. Rukun Islam inilah yang menjadi pedoman umum seroang muslim dalam beribadah kepada Allah.

Adapun Rukun Islam itu sendri, antara lain:

1.Syahadat (Pengakuan bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah, selain Allah swt)
2.Mendirikan shalat.
3.Menunaikan zakat.
4.Puasa pada bulan Ramadhan dan
5.Haji ke Baitullah Al-Haram.

Makna syahadat

Syahadat, diartikan sebagai gerbang untuk memenuhi fitrah manusia, yaitu untuk beribada kepada Allah swt. syahadat juga meerupakan inti sari dari agama islam. Syahadat bermakna "Menolak" dan "menetapkan".

Pertama, kita menolak bahwa kita menolak segala sesembahan selain dari pada Allah dan kedua, kita meneatapkan bahwa hanya Allah lah Tuhan Yang patut kita sembah

Sedangkan untuk rukun kedua dan ketika, lebih ditekankan pada manusia untuk menjalankan ibadahnya kepada Allah swt. Rukun islam tidak lain bermakna untuk menjadi pedoman bagi manusia, agar selalu mengingat Allah dan senantiasa beribadah kepadanya.

31 komentar:

  1. maaf min mau coment dikit, ttg rukun iman na kurang 1 iman kepada nabi dan rasul na kox gak d masukin? ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas itu sudah ada tolong di lihat dengan teliti..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. sebenarnya urutan yg benar yg mana sih antara 3 & 4 maaf mungkin sy terlalu awam di agama tapi saya tahunya rukun islam wajib hukumnya kecuali yg terahir bukannya kita puasa dulu baru pd hari menjelang akhir bula romadan di mesjid / musholla di umumin menerima zakat fitra yg hukumnya wajib tanpa ada tawaran kan zakat fitra tlg di perjelas ini hukum allahn loooooooooooo..........................

    BalasHapus
  3. yang anda katakan benar tentang zakat fitrah, dan memang zakat fitrah tidak boleh mendahului puasa ramadhan.. masalah urutan kembali ke pengertian rukun itu sendiri yaitu syarat sah nya suatu perkerjaan jadi masalah urutan ikutilah apa yang anda ketahui sebelumnya @TIDAK TAHU

    BalasHapus
  4. assalamualaikum akhi... Aku ijin share ya . . ?

    BalasHapus
  5. Di Item 4
    4. Makna beriman kepada Nabi dan Rasul

    Beriman kepada Nabi dan Rasul, bermakna bahwa kita meyakini Nabi dan Rasul ialah manusia utusan Allah yang diutus di muka bumi untuk menyampaikan kabar gembira dan ancaman. Meyakini bahwa Nabi dan Rasul adalah mahkluk yang diutus Allah ke Bumi untuk memberi petunjuk ke umat manusia hingga kembali ke jalan lurus. Beriman kepada Nabi dan Rasul artinya ialah memercayai segala ajarannya baik dari lisan maupun sebagai sauri teladan. Dengan mengetahui maka beriman kepada Nabi dan Rasul, Manusia sebagai hamba yang mulia sudah sepantasnya meyakininya dan mengikuti jejak suri teladan Nabi dan Rasul

    BalasHapus
  6. Kalau boleh koreksi dikit, : Rukun Islam yg pertama adalah Syahadat, yaitu SYAHADATAIN (Syaharat Tauhid dan Syahadat Rasul ) أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله yg artinya Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah SWT, dan Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasul (Utusan) Allah SWT.

    BalasHapus
  7. bolehkah urutan rukun islam yang ke 3 & 4 dibalik???puasa duluan baru zakat.mohon jawabannya.

    BalasHapus
  8. terimakasih informasinya..
    sangat manmaat banget

    BalasHapus
  9. sebenarnya rukun islam yang ke-3 itu Zakat dulu apa Puasa dulu??

    BalasHapus
  10. Yah zakat dulu lah.. jangan berpatokan hanya kepada zakat fitra saja, tetapi masih banyak zakat lain yang dikeluarkan tidak mesti sesudah puasa di bulan Ramadhan @ida nda

    BalasHapus
  11. maaf bro ada perbedaan urutan rukun islam fersi fikh Indonesia dan yang lain, Shahadat, Shalat, Zakat, Puasa ,Haji, sedang versi Fikh lain terbalik terakhirnya zakat, dan Haji di urutan sebelumnya, mohon dijelaskan bro,...

    BalasHapus
  12. Terlebih dahulu harus diperhatikan hadis yang mewartakan seperti itu, karena dalam beberapa hadis memang antara rukun islam yang satu dengan yang lainnya memang berbeda, misalanya saja hadis dari Umar bin khatab dan juga hadis dari ibnu umar. kedua hadis itu benar hanya saja mengenai urutan hadis dari Umar bin Khatablah yang benar sedangkan adapun hadis lain yang membahas mengenai rukun islam, hadis tersebut tidak mengurutkannya melainkan hanya memaparkannya demikian.

    Namun, dari semua hadis tidak yang berbeda rukun islamnya, dan hal ini tidak terlalu dipermasalahkan, jikapun haji yang duluan juga tidak masalah, selama kita tetap melaksanakan rukun lainnya @Jay

    BalasHapus
  13. setau saya seharusnya Rukun Islam yg ke 3 itu Puasa dan yg ke 4 Zakat. kenapa urutannya jadi terbalik? sejak kapan ketentuan Allah berubah yaa? maaf jika saya salah....

    BalasHapus
  14. @Anonim"Masa tunggu naik haji dlu baru byr zakat.." Ya klo sdh dpt penghasilan wjb byr zakat lha..

    BalasHapus
  15. Alhmadulillah.. trima kasih krn telah mmbagikan ilmu2 seperti ini..

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah,,trm ksh atas ilmu yg tlah diberikn Alhamdulillah skrng sy jd tau ttg rkn Islam dan Iman..sekali lg sy ucapkan trm ksh

    BalasHapus
  17. mantap, terimakasih, jazakallah.

    BalasHapus
  18. memang benar apa yang dikatakan tadi menurut hadis rukun islam itu zakat dulu baru puasa, tetapi sebagian orang bilang puasa dulu baru zakat... kalo masih gak percaya, cari disumber web lain yang lebih terpercaya.

    BalasHapus
  19. sangat bermanfaat sekali kawan, makasih udah diposting di blognya ! :)

    BalasHapus
  20. Memahami Rukun Iman & Islam amat simple, tapi kenapa banyak orang yang tak mengerti termasuk masyarakat Islam itu sendiri.

    BalasHapus
  21. Hajji itu bila mampu kalau sampai mati juga belum mampu-mampu untuk hajji ya gak dosa.. syukron sherenya mas bro . kunjungan baliknya gan di my blog tentang ebook kitab kuning: http://imammuttaqin58.blogspot.com/

    BalasHapus
  22. Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online, Kursus Jarak Jauh, Kursus Programming, Kursus Desain Grafis, Ilmu Komputer

    Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran, Guru Datang Ke Rumah, Guru Private

    BalasHapus