Searching...

24 Februari 2013

Mengapa Laki-laki Dilarang Memakai Emas

Tanya Jawab: Mengapa laki laki dilarang memakai emas.

Berdasarkan riwayat Nabi Muhammad saw. Laki-laki tidak diperbolehkan memakai emas kerena emas adalah perhiasan yang paling mahal bagi manusia dan tujuan pemakaiannya ialah untuk berhias dan berdandan, sedangkan laki-laki tidak diciptakan dengan kepentingan tersebut. Laki-laki bukanlah makhluk yang menjadi sempurna karena sesuatu yang lain. Laki-laki sempurna dengan dirinya sendiri karena dia mempunyai kejantanan dan laki-laki tidak perlu berhias untuk menarik perhatian orang lain.

Allah swt berfirman:

"Dan apakah patut (menjadi anak Allah) orang yang dibesarkan dalam keadaan berperhiasan sedang dia tidak dapat memberi alasan yang terang dalam pertengkaran" (Az-Zukhruf:18)

laki-laki yang menggunakan emas sesuai riwayat di atas sesungguhnya berbuat maksiat kepada Allah swt. Jika mereka ingin berhias hendaklah mereka berhias dengan perak dalam batas-batas yang disyariatkan, karena berhias dengan perak hukumnya boleh. Begitu juga dengan barang-barang lainnya yang tidak berbahan dasar emas seperti cincin dan lainnya selama tidak melampaui batas

0 komentar:

Poskan Komentar