Header Ads

Hukum Bertato dalam Islam

Permasalahan kaum muda saat ini  adalah hilangnya figur teladan di rumah, sekolah dan media informasi. Kondisi seperti ini akan membuat pemuda merasa gelisa di tengah materi yang berlimpah. Mereka merasa gerah dengan orang tua yang tidak membimbing dan mendidik anak-anaknya dengan pendidikan yang baik dan benar. Sekolah menjadi ajang perebutan materi, yaitu para guru hanya berlomba mengejar materi dengan kedok tambahan pelajaran privat. Sekolah tidak lagi memiliki pengaruh dalam pendidikan moral anak muridnya. Permasalahan kaum muda yang penuh dengan kehinaan dan keburukan dengan cepat menyebar ke seluruh masyarakat. Sehingga tidak ada seorang pun yang luput dari perbuatan dosa.

Bagaimanakah hukum bertato dalam islam? Para pemuda dengan taklid butanya mengikuti segala apa yang ia saksikan. Sehingga tato semakin menyebar di antara pemuda dan pemudi. Ada tato yang bermotifkan binatang atau bermotifkan orang-orang tertentu. Mereka semua telah kehilangan kehormatannya dan telah menggadaikan kemuliannya. Di sisi lain, mereka menjadi corong dari gerakan freemansori atau gerakan zionisme

hukum bertatoBertato merupakan perbuatan yang menghimpun berbagai dosa. Di antaranya ialah najis. Karena dengan bertato, seseorang yang sedang junub tidak dapat membasuh dengan air bagian yang bertato. Perlu diketahui bahwa kulit yang bertato tidak dapat menyerap air, terutama tato permanen. Tato permanen ini sulit untuk dihapus atau dihilangkan. Tato seperti ini hanya dapat hilang dengan besi panas saja, yaitu dengan membakar atau merusak kulit yang telah ditato.

Bertato di bagian badan yang termasuk aurat yang kemudian diperlihatkan sudah tentu hukumnya haram. Hal ini bertentangan dengan islam yang memerintahkan untuk menutup aurat

Selain itu, mengagungkan sesuatu yang seharusnya direndahkan merupakan dosa besar. Perbuatan ini Nampak ketika seseorang bangga dengan orang-orang fasik yang bertato.

Para pemuda dan pemudi telah menyatu dengan berbagai perbuatan dosa. Mereka telah merusak perasaan, mencemari jiwa, membuat hati menjadi hina, serta telah kehilangan kesadaran.

Di dalam hadis terdapat keterangan bahwa Nabi saw melarang memakan harta hasil penjualan darah, hasil penjualan anjing, riba dan yang mewakilinya. Beliau juga melarang orang membuat tato atau minta dibuatkan tato (HR. Bukhari)

Di dalam riwayat yang lain “Allah melaknat orang-orang yang membuat tato, orang-orang yang minta dibuatkan tato, orang-orang yang mencabut bulu mata, orang-orang yang minta dicabut bulu matanya, dan orang-orang yang merenggangkan gigi untuk mempercantik wajah, dan mereka yang mengubah ciptaan Allah” (HR. Muslim)

Semoga bermanfaat…

18 komentar:

  1. bagaimana pun bertato tetap tidak diperbolehkan, bagi yang minta ditatto, maupun pembuat mendapat bagian yang sama atas dosnya.

    BalasHapus
  2. @rasyid-ic apakah ada hadist yang mengharamkan bertatto ? Coba sebutkan hadistnya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, masih ngeles aja minta hadistnya.. belum nerima yah

      Hapus
  3. semua itu tergantung niat! kalo kata saya tapi

    BalasHapus
  4. kalaw bagi aku sih setuju banget, tatoan itu dibilang haram, kan banyak kertas taw kanvas tempat nglukis ngapain dikulit !
    Thank's broo infonya.........

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. >. bener juga air tdk akan tembus kekulit sebab terhalang tato.

    BalasHapus
  7. ada yang tato gak haram kok... hahha....

    TATO KORENGAN/.....

    BalasHapus
  8. lalu bagaimana hukumnya jika seseorang mencela ataupun mendakwa seseorang yang bertatto...?

    BalasHapus
  9. dari pada be tato mending arahin aja ke batu mulia kayak batu pirus gitu ..

    BalasHapus
  10. Dalam hadis allah sudah melaknat orang yang bertatto,janganlah di sangkal,klo sudah bertatto lebih baik di hapus tattonya.dari pada penyesalan diakhirnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pak boleh minta hadis mana dan oleh siapa bukan allah itu maha pemaaf arohman arohim jikalau sudah di tato keenapa harus di hapus bukan kah itu meyakiti diri sendiri bukan kan allah tidak meyukai orang yang merusak dirinya sendiri

      Hapus
    2. Maaf pak boleh minta hadis mana dan oleh siapa bukan allah itu maha pemaaf arohman arohim jikalau sudah di tato keenapa harus di hapus bukan kah itu meyakiti diri sendiri bukan kan allah tidak meyukai orang yang merusak dirinya sendiri

      Hapus
  11. orang yang haram adalah orng yng munaf,iri,dengki,sok tw,tidak hormati jiwa seni,koruptor,maling,pembunuh,dan orng yang suka ngomong kafir,najis dsb,,,tato itu seni broe meski bnyak kertas ksong atau tembok untuk d lukis,,hargailah budaya orng,hargailah sesama manusia.jangan jadi manusia haram

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu itu mansia ada punya agama tidak?
      kalo kami muslim tuntunan Rasul and perintah Allah itu tato haram, kok kamu bilang itu seni..........

      tulisan kamu itu yang seni mas broo...seniningan

      Hapus
  12. Assalamu 'alaikum Warahmatullahi Wa barakaatuhu

    Jika ada orang bertatto dan berniat sekali kembali pada jalanNya,bukankah Allah akan menerimanya? Jikapun Allah tidak menerima badan yang sudah bertatto,apakah orang tersebut harus tetap berjalan pada takdirnya sebagai manusia yang fasiq? Masalah hilang atau tidaknya tatto tersebut,bukanlah kuasa kita untuk mengklaim mandinya junub diterima atau tidak. Apakah kalian semua pernah melakukan penelitian tentang air masuk kulit bertatto? Semua itu kuasa Allah dan hanya Allah yang berhak menghakimi manusia. Sebelum belajar agama,lebih baik belajar tentang manusia dulu,agar jika ada masalah seperti ini,tidak bertindak seperti Tuhan. Jangan langsung menjudge,ada etika dalam berdakwah dan bersosialisasi juga. Maaf jika anda tersinggung,berarti anda termasuk orang² yang fasiq pula. Sama seperti aku yang masih fasiq,munafik,buruk,dll. Terima kasih

    BalasHapus
  13. Assalamu 'alaikum Warahmatullahi Wa barakaatuhu

    Jika ada orang bertatto dan berniat sekali kembali pada jalanNya,bukankah Allah akan menerimanya? Jikapun Allah tidak menerima badan yang sudah bertatto,apakah orang tersebut harus tetap berjalan pada takdirnya sebagai manusia yang fasiq? Masalah hilang atau tidaknya tatto tersebut,bukanlah kuasa kita untuk mengklaim mandinya junub diterima atau tidak. Apakah kalian semua pernah melakukan penelitian tentang air masuk kulit bertatto? Semua itu kuasa Allah dan hanya Allah yang berhak menghakimi manusia. Sebelum belajar agama,lebih baik belajar tentang manusia dulu,agar jika ada masalah seperti ini,tidak bertindak seperti Tuhan. Jangan langsung menjudge,ada etika dalam berdakwah dan bersosialisasi juga. Maaf jika anda tersinggung,berarti anda termasuk orang² yang fasiq pula. Sama seperti saya yang masih fasiq,munafik,buruk,dll. Terima kasih

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.