Searching...

23 Mei 2013

Perubahan Nama Abram Menjadi Ibrahim

Nabi Ibrahim a.s dijuluki sebagai bapak dari segala Nabi dan Rasul. Hal ini disebabkan karena Nabi dan Rasul setelahnya berasal dari keturunan Nabi Ibrahim a.s.

Nabi Ibrahim a.s biasa disebut oleh orang selain muslim sebagai Abram. Seorang teman pun bertanya, manakah yang benar, Abram atau nama Ibrahim. Sebenarnya, kedua nama tersebut benar jika ditelusuri kebenarannya. Sebelum nama "Ibrahim" nama Nabi Ibrahim yang sebenarnya adalah Abram, namun kemudian diganti namanya oleh Allah swt sebagai Abraham atau yang kita kenal sekarang sebagai Ibrahim.

Tidak perlu mencari di Al Qur an ayat yang menjelaskan secara detail perubahan nama Abram ke nama Ibrahim, karena sebenarnya perubahan nama tersebut tercatat dalam kitab injil (Perjanjian lama), berikut bunyinya:

abram ke ibrahim
"Sebermula, setelah sampai sembilan puluh sembilan tahun umur Abram, maka kelihatanlah Tuhan kepadanya, lalu firmannya, "Akulah Allah Yang Mahakuasa, hendaklah engkau berjalan di hadapan hadirat-Ku dan hendaklah tulus hatimu. Maka Aku akan membuat perjanjian antara Aku dan dikau, serta aku akan memperbanyakkan dikau amat sangat. lalu sujudlah Abram dengan mukanya sampai ke bumi maka berfirman Tuhan kepadanya, katanya: Akan Daku bahwa sesungguhnya perjanjian-Ku adalah dengan dikau maka engkau akan menjadi bapanya beberapa bangsa. Maka namamu pun tiada disebut lagi Abram, melainkan namamu akan jadi IBRAHIM karena engkau telah kujadikan bapanya beberapa banyak bangsa. Maka aku akan membiakkan dikau terlalu amat dan Aku akan menjadikan beberapa bangsa daripadamu, dan raja-raja pun akan berpencar daripadamu." (kejadian: 1-5)

Dalam kitab injil juga Nabi Ibrahim diperintahkan untuk bersunat bagi keturunannya kelak, begitu juga dengan nama istri dari sarai juga dirubah namanya menjadi sarah.

Mendapatkan perintah ini, Ibrahim seakan tidak percaya, ia menganggap mana mungkin ia yang berumur seratus tahun dan istrinya Sarai yang berumur 99 tahun bisa memiliki keturunan lagi. Namun, MahaKuasa Allah dengan frimannya, maka lahirlah Ishak yang kemudian darinya terlahir keturunan yang menjadi raja-raja di tanah Arab.

Demikianlah kisah perubahan nama Abram menjadi Ibrahim, Alasan mengapa Nabi Ibrahim dijuluki sebagai bapak dari segala Nabi

Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Poskan Komentar